Masjid Kubah Emas

Ada berapa banyak masjid yang berkubah emas di seluruh dunia ini? Ternyata tak banyak, hanya ada 7 masjid. Salah satunya ada di Indonesia, dialah Masjid Dian Al Mahri yang ada di Depok.

Berikut daftar 7 Masjid Berkubah Emas

1. Masjid Qubbah As Sahkrah (Dome of the Rock)
Abdul Malik bin Marwan mulai membangun masjid ini pada tahun 690 M di Jerusalem, Palestina. Setahun kemudian masjid ini rampung. Banyak orang yang meyakini, inilah yang dimaksud sebagai Masjid Al Aqsa dalam kisah Isra Miraj Nabi Muhammad SAW.

2. Masjid Al Askari Iraq
Masjid ini terletak di Kota Sammara, sekitar 125 km dari kota Baghdad, Irak. Masjid ini didirikan oleh pengikut Shiah dan termasuk masjid kuno karena didirikan pada tahun 994 M. Mulanya tak berkubah emas, namun kemudian oleh pengikut Shiah pada tahun 1905 kubahnya direnovasi menjadi kubah emas. Sayang Februari 2006 dan Juni 2007, kubahnya runtuh oleh serangan teroris.

3. Masjid Suneri, Lahore
Masjid Suneri memiliki 3 kubah emas. Satu kubah utama, 2 lainnya di sisi kanan dan kiri. Masjid ini didirikan oleh Nawab Syed Bhikari Khan, anak Wakil Gubernur Lahore pada tahun 1753 M.

4. Masjid Sultan Singapura
Tahun 1928, begitu mendapat uang dari Kongsi Dagang Inggris sebanyak SGD 3000, Sultan Singapura langsung merenovasi sebuah masjid yang ada di kawasan Little India. Perubahan antara lain juga dengan mengganti kubah lama dengan kubah emas. Masjid ini segera menjadi masjid terbesar di Singapura, dari sekitar 80-an masjid yang ada.

5. Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin Brunei
Brunei memiliki 2 masjid yang berkubah emas. Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin adalah yang didirikan pertama kali. Mulai digunakan tahun 1958, masjid ini terletak di tengah danau buatan yang bersih. Kubahnya terbuat dari emas 24 karat. Biaya pembangunannya menghabiskan USD 5 juta. Pada zamannya, Masjid Sultan Omar Ali diperhitungkan sebagai salah satu bangunan terindah di dunia.

6. Masjid Jami Bandar Seri Begawan, Brunei
Masjid ini dibangun pada tahun 1988, namun baru dibuka untuk umum pada tahun 1994. Saat pembangunannya dimaksudkan sebagai perayaan 25 tahun kekuasaan Sultan Hasanal Bolkiah. Kubahnya terbuat dari emas dengan langit-langit atap berwarna biru laut.

7. Masjid Dian Al Mahri Depok, Indonesia

Keluarga Dian Djurian Maimun Al Rasyid memulai pembangunan masjid yang terletak di Meruyung, Depok ini pada tahun 1996. Lokasinya meliputi lahan seluas 100 hektar, namun yang dipergunakan sebagai areal masjid hanya 8.000 meter persegi. Sepuluh tahun kemudian, masjid ini baru dibuka untuk umum. Ada 5 kubah yang terbuat dari emas, dengan kubah utama berukuran diameter 16 meter dan tinggi 25 meter.
Foto: Dome of the rock (Biblelieux.com)
( tbs / tbs )

11 thoughts on “Masjid Kubah Emas

  1. banyak org yg tertipu bahwa sdh merasa islam/muslim akan tetapi adalah tidak demikian bahwa dia penentang keras syariah islam tanpa dia sadari dan merasa sdh berbuat benar padahal tidak , menganggap bahwa islam cukup dengan shalat, shaum,zakat-sedekah-infak,kemudian berhaji itu jg kalo mau terus berbuat baik menurut dia ,bangun pesantren,bangun masjid selesai sudah tinggal hitung pahala padahal kalo ditanya tentang apa itu thaghut , dan al-bara & al-wara,kalimat tauhid ,apa fungsi masjid yg sebenarnya , wah kalo itu sih kurang faham ,itu kan tugasnya para ustadz dan kiay dan menganggap mayoritas islam berarti negaranya juga islam, ini pengaruh dari mister groe hjeu orang belanda yg masuk islam ganti nama abdul ghafar di makkah sambil berhaji , renungkanlah

  2. wah trnyata mank bener yah…qt kudu prbaiki keimanan dlm diri qt dulu…belajar islam kudu lbih sregep lagi….malu donk ama orng2 diluar qt yg brdasi, brdandan rapi,brsepatu tiap minggu pagi tuh..org islam kdang isin dgn kislamannya…tanya knp???
    eh maaf jauh dari topiknya yahh…

  3. ayo lakukan perubahan sekarang juga….
    jangan merasa senang hanya dgn ilmu islam yg qt punya skg…terus belajar dan jgn lupakan dakwah yg Allah amanahkan kpd qt semua generasi rabbani…

  4. Setuju!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    He………………………………………..
    Salam knl zah buat saskia. jng bosen nyambung ukhuwah di blok ini zah!!!!!!!!!!!!!!

  5. Wa’alaikumsalam. ya moga cepat sembuh, klo sakit dan sabar Insya Allah akan mengurangi dosa kita.

  6. inikah tanda-tnda kiamat itu? masjid dibangun sekedar bermegah-megahan?
    lalu siapa yang me-ma’mur-kanya? atau sekedar memakmurkan saja layaknya para turis dan pengelana? sedang yang bisa mema’murkan masjid Allah hanyalah orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s