ber-JILBAB-yang BENAR

Buat para akhwat..khusus nih buat para muslimah

kepengen jadi muslimah beneran…eiit tunggu dulu..musti ada caranya lho. salah satunya adalah dari cara antum semua memakai JILBAB…penasaran gimana caranya make jilbab yg bener..simak baik2 tulisan dibawah ini..

DEFINISI JILBAB

Diterangkan dalam kamus al Muhith, jilbab adalah pakaian yang luas untuk wanita yang dapat menutupi pakaian rumahnya seperti milhafah (mantel).

Tafsir Jalalain (jilid 3:1803) memberikan arti jilbab sebagai kain yang dipakai seorang wanita untuk menutupi tubuhnya.

Jauhari dalam Ash Shihah mengatakan jilbab adalah kain penutup tubuh wanita dari atas sampai bawah.

Khaththath Usman Thaha dalam Tafsir wa Bayan menjelaskan jilbab adalah apa-apa yang dapat menutupi seperti seprai atas tubuh wanita hingga mendekati tanah.

Fiqh Sunnah oleh Sayyid Sabiq Jilid 7 (Edisi Indonesia) menerangkan jilbab adalah baju mantel.

Dalam Kitab Mujam al Wasith hal 128 jilbab diartikan sebagai pakaian yang menutupi seluruh tubuh atau pakaian luar yang dikenakan diatas pakaian rumah seperti mantel.

KESALAHAN DALAM BERPAKAIAN

Berikut digambarkan beberapa kesalahan wanita muslimah dalamberpakaian

gambar 1

gambar1

gambar 2

BERJILBAB DENGAN BENAR

Berikut gambaran bagaimana cara berpakaian yang benar bagi seorang muslimah:

gambar 3

BATAS AURAT WANITA

Batas aurat wanita adalah wajah dan telapak tangan.. sebagaimana disebutkan dalam hadits:

Hadis riwayat Aisyah r.a., bahwasanya Asma binti Abu Bakar masuk menjumpai Rasulullah dengan pakaian yang tipis, lantas Rasulullah berpaling darinya dan berkata, “Hai Asma, seseungguhnya jika seorang wanita sudah mencapai usia haid (akil balig) maka tidak ada yang layak terlihat kecuali ini,” sambil beliau menunjuk wajah dan telapak tangan. (HR Abu Daud dan Baihaqi).

SYARAT-SYARAT PAKAIAN MUSLIMAH
Pada dasarnya seluruh bahan, model, dan bentuk pakaian boleh dipakai, asalkan memenuhi syarat-syarat berikut.
1. Menutup seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan.
2. Tidak tipis dan transparan.
3. Longgar dan tidak memperlihatkan lekuk-lekuk dan bentuk tubuh (tidak ketat).
4. Bukan pakaian laki-laki atau menyerupai pakaian laki-laki.
5. Tidak berwarna dan bermotif terlalu menyolok. Sebab, pakaian yang menyolok akan mengundang perhatian laki-laki. Dengan alasan ini pula, maka membunyikan (menggemerincingkan) perhiasan yang dipakai tidak diperbolehkan walaupun itu tersembunyi di balik pakaian.

dari:http://fibri.wordpress.com/category/artikel-islam/wanita/

13 thoughts on “ber-JILBAB-yang BENAR

  1. andee !!! seluruh akhwat berjilbab sesuai ngan pa yag tlh diatr oleh Allah!ya sesuai pa yag dibhs diats !!!pasti g’ da tu zina nana na!! bwt anggota ldkfkui ….kobarkan semangat Ya dlm menyeru kebaikn ,…. psn ri alumiiii ldkfkui

  2. Pakaian wanita dalam kehidupan umum ada 2 (dua), yaitu pakaian bawah (libas asfal) yang disebut dengan jilbab, dan pakaian atas (libas a’la) yaitu khimar (kerudung). Dengan dua pakaian inilah seorang wanita boleh berada dalam kehidupan umum, seperti di kampus, supermarket, jalanan umum, kebun binatang, atau di pasar-pasar.

    Apakah pengertian jilbab? Dalam kitab al-Mu’jam al-Wasith halaman 128, jilbab diartikan sebagai “Ats tsaubul musytamil `alal jasadi kullihi” (pakaian yang menutupi seluruh tubuh), atau “Ma yulbasu fauqa ats-tsiyab kal milhafah” (pakaian luar yang dikenakan di atas pakaian (rumah), seperti milhafah/baju terusan), atau “Al Mula`ah tasytamilu biha al mar`ah” (pakaian luar yang digunakan untuk menutupi seluruh tubuh wanita).

    Jadi jelaslah, bahwa yang diwajibkan atas wanita adalah mengenakan kain terusan (dari kepala sampai bawah) (Arab: milhafah/mula`ah) yang dikenakan sebagai pakaian luar (di bawahnya masih ada pakaian rumah) lalu diulurkan ke bawah hingga menutupi kedua kakinya. Jadi, jilbab bukanlah kerudung dan bukan pula kain potongan (rok dan baju panjang), tapi baju terusan.

    Untuk pakaian atas, yaitu khimar, syariat telah mewajibkan kerudung atau apa saja yang serupa dengannya yang berfungsi menutupi seluruh kepala, leher, dan lubang baju di dada. Pakaian jenis ini harus dikenakan jika hendak keluar menuju pasar-pasar atau berjalan melalui jalanan umum.

    http://www.khilafah1924.org/index.php?option=com_content&task=view&id=92&Itemid=47

  3. nek cuma ga pake sandal kan ga mbangkitkan yg itu tuh…tahu to semua..
    nek ga tahu ga usah ngeblog…..sinau sik.
    mungkin peraturannya hanya ada di toilet kali buat make sandal…ga di blog nih…

  4. mala….!! saya setuju dengan yang kamu katakan di block ini , soalnya saya juga berjilbab , dan saya mau tanya berhubung saya masih sekolah saya kan pakai jilbab hanya di lingkungan sekolah dan di lingkungan luar , yang saya mau tanyakan yaitu boleh ga sih ga pake jilbab di lingkungan rumah ,,,,,,,,?????? thanks ya

  5. nek cuma di dlm rumah…ato dikamar ga pake jilbab gpp..tp kalo mau pake jg gpp.krena toh stiap usaha yg kita lakukan dlm mnjaga kmurnian dan ketaatan kita kepada syariat Allah ini psti akan ada manfaat di dlmnya…berpahala lagi…jadi jgn dibuat susah ya syariat islam ini.Lakukan dan jalani dengan ikhlas dan tetap brtawakal kepada-Nya….OKEY…???

  6. Yang jelas pakaian yang baik itu tidak memperlihatkan lekuk tubuh, tonjoloan dada, dan transparan. Yg lebih penting lagi Hijabul Qalbu, namun keduanya saling mendukung dan paling sempurna. Hijab lahir dan bathin.

  7. tapi masih saja ada orang2 yg mengatakan jilbab itu tidak wajib…padahal sudah jelas2 ada dalam Al-Quran…apakah benar klo jilbab itu hanya tradisi org Arab? tmn2 saya selalu punya pembenaran akan pendapatnya tentang jilbab..mereka pikir yg mereka lakukan itu sudah benar padahal mereka itu seperti wanita yg dikrudung tp telanjang…bagaimana caranya agar saya dapat memahamkan kewajiban berjilbab pada teman2 saya…

    • kebanyakan orang memang beranggapan demikian, untuk memahamkan kewajiban berjilbab cukup dengan istiqomah mendakwahkanya dan bersabar, krn sabar tidak ada batasnya.
      Tetep semangat ya……..

  8. buat arimbi:subhanallah ukhti mau pake jilbb.ukhti make jilbab it sm skali gak ribet,sangat lbh ribet saat ditanya Allah d akhrat nant karna mang uda d alquran.it hax d sugest ukht.coba ukhti serng bca2 kewjbn brjilbb n bgmana pandgn Allah thd org brjilbb yg benar.apakah sama dgn org tdk brjilb?sungguh hdup d dunia palng hanya 50-70 dan it pasti.qt pasti meninggal.trus qt must jawb apa k Allah kaloqt g pake jilbb?mau jwb ribet?ukhti Allah dgan senang hti nyiptain dan nympurnainqt dan Allah tdak mrasa rbet.kenapa?karena Allah sayang ma ukhti.ana doain ukhti dbri hdayah-Nya.amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s