Forum FKUI

Forum diskusi LDKFKUI, disini kita bisa mengemukakan pertanyaan2 ataupun saling berbagi ilmu dan saling mengingatkan, halaman ini kami buat karena keterbatasan kami dalam hal pengetahuan tentang agama Islam ini, untuk itu kiranya sudilah rekan2 semua memberikan masukan dan saling berbagi ilmu,

Sekian pengantar dari kami, terima kasih…

43 thoughts on “Forum FKUI

  1. Ini Qur’an surat apa ayat berapa ya???

    Allah Subhanahu Wata’ala berfirman:
    Kamu tidak akan menemukan satu kaum yang beriman kepada Allah dan hari akhir saling cinta-mencinta kepada orang yang memusuhi Allah dan Rasul-Nya walaupun mereka adalah bapak-bapak mereka, anak-anak mereka, saudara-saudara mereka dan keluarga-keluarga mereka. Merekalah orang-orang yang telah dicatat dalam hati-hati mereka keimanan dan diberikan pertolongan, memasukkan mereka kedalam surga yang mengalir dari bawahnya sungai-sungai dan kekal di dalamnya. Allah meridhai mereka dan mereka ridha kepada Allah. Ketahuilah mereka adalah (hizb) pasukan Allah dan ketahuilah bahwa pasukan Allah itu pasti menang.

  2. bismillah……
    afwan mau tanya tentang merebaknya film2 yang diklaim “film islami” ( example : KCB, AAC , dkk…. ) yang jika ditinjau mulai dari pembuatan film itu sendiri mulai dari pemain2nya yang sudah pasti bukan mahram n disana saling bersnthan anggota badan minim tangan, apakah itu dapat disebut dengan film yang islami……??????? yang mana kebanyakan berkisah tentang kisah cinta tehadap lain jenis ( ikhwan n akhwat)
    kemudian jika ditinjau dari segi penonton itu sendiri, apakah bukannya akan melanggar ketentuan Alloh and Rosulullah tentang perintah untuk menundukkan pandangan antar lawan jenis yang bukan mahram ” GHODHULBASHAR” cz yang namanya film pasti pemain utama pasti dipilih yang paling “ahsan” penampilan dhohirnya, so g’ mungkin kan kalo nonton film tapi g’ liat pemainnya alias “MEREM”…..??????
    he3x……. nanti malah tidur jdnya…..🙂
    n gmana HUKUM SYAR’I nya dengan melihat film yang dklaim “film islami” itu sndiri….???????? banyak manfaatnya or mandhorotnya…..????
    cz skarang banyak an liat d kalangan para “aktivis dakwah” yang enjoy ja kalo nonton “film islami”
    ya mngkin it itu dl yang ana mau tanyakan cz ilmu an masih cetek jd tlng jawabannya, sblmnya syukron jzk khoir…….. 🙂

    • hehe… afwan saya juga masih cetek ilmunya, tp menurut saya itu bukan film islami, itu cmn film ga bermutu yg mencoba meraih pasaran perfilman di tanah air. dimana sasaran utamanya adalah muslim, di indonesia kan jml muslimnya plg besar.

      dan klo saya amati memang ada unsur2 penyesatan terhadap syari’ah yg disengaja tapi dilakukan dengan perlahan, ya sejenis menikam dengan halus. dari segi manfaat juga lebih banyak madhorotnya, krn hidup akan cenderung terinspirasi dari apa yang sering kita lihat… “Jangan menonton film yg melow, krn akan melemahkan jiwa kita !!!”

      maaf jika ada kata yg kurang berkenan dan karena keterbatasan saya…. temen2 yg lain dimana ya…

      • temen2 qu yang di rachmati Alloh Subhanahu Wata’ala ,,, jangan nonto film apa wae nati malah kecanduan film,, :”STOP FILM ” film ngak da manfaate!!!film ra mutu!!!soalnya aku aku mantan pecandu film ,, horor ,, action ,,apa ja . cuman habisn2 waktu dan uang .. baca qur’an ja nanti lak jadi pecandu qur’an,,hiii3… lbh bermafaat ,, ALloh pasti Ridho pada qt,,oky
        (Salam btw 3 Mas kitir)

      • Bismillah. Kita sebagai ummat islam yang baik sebaiknya menjauhkan diri kita dari sifat-sifat yang tidak disukai oleh Alloh. Sebaiknya kita sebagai seorang muslim berusaha menjadi solusi terhadap segala kekurangan sahabat kita yang lain.
        Jangan mudah untuk menghujat dan mencaci serta menjelek2an.
        Alloh dan Rosulnya tidak pernah mencontohkan hal seperti itu.
        Lihatlah segala kelebihan sahabat kita dan perbaiki kekurangannya.
        Film KCB 2 khususnya amatlah baik dibandingkan dengan sinetron dan pendahulunya dalam hal Syar’i.
        Cobalah kita semua mendukung agar sineas kita semakin menydari pentingnya syar’i dan dakwah.
        Dukunglah dengan komentar2 yang baik dan jauhkan dari prasangka2 buruk, karena prasangka hanya menambah akan dosa.
        Islam akan besar dengan orang2 yang saling berprasangka baik pada Alloh dan Rosulnya juga kepada Manusia, serta sibuk melihat kelebihan Sahabat Muslim lainnya dari pada kekurangannya.
        Semoga kita semua selalu dirahmati Alloh dan selalu dalam lindungannya. Amin

      • @abdurrahman:tapi mnrt ana film KCB tu tak jauh berbeda dgn sinetron, masalahnya antara ikhwan dan akhwat bercampur (ikhtilat). Ana menunggu pendapat antum qta saling bertukar pikiran ja

      • tenang ja sodaraq orang yg berilmu g bakal saling membenci sesama sodaranya, qta bertukar pikiran sambil tabayyun

    • bismillah….
      walo ane masih sering nonton film(tp berusaha agar tidak nonton lagi). hampir smua film membawa madhorot, walo ada film yang bermafaat (example: video2 jihad di berbagai ajang jihad, film kartun kisah nabi ato para sahabat)
      tpi yang jadi permasalahnnya adalah acara yang kita tonton itu acara apa? bahkan tidak hanya film, semua acara di TV hampir semua laki2 dan perempuan bercampur baur. belum lagi kalo kita nontonya sendirian maka bila di TV memperlihatkan wanitanya berarti kita berkhalwat dengan wanita.
      bahkan kalo kita liat fatwa2 ulama saudi (ex: syeikh bin baz, syeikh utsaimin dll mereka sepakat bahwa TV haram hukumnya. karena melihat madharat yang ditimbulkan) Wallahu a’lam. aku brlindung kepada Allah dari perkataanku. Semoga Allah senantiasa memberi petunjuk kepada Qta dan memberi Qta keistiqamahan.

      • boleh aku tahu dimana ya ante dapet kabar tv diharomkan udah nggak sabar nih by riyan temanggung

    • Maaf menanggapi komentar sdr riyan, bahwasanya penggunaan/pemanfaatan suatu media, baik itu berupa internet, TV, Radio, atau media cetak sekalipun saya rasa sah2 saja, asal tujuanya untuk kebaikan dan tidak memberikan dampak buruk pada kita/bermadhorot. jadi sebenarnya semua kontrol ada pada diri kita masing2, bagaimanakah cara kita menelaah kemajuan teknologi, dan bagaimana cara kita memanfaatkanya semaksimal mungkin untuk kebaikan.

      dan sekali lagi maaf, dari pengamatan saya selama ini , sdr riyan kyknya sedang drundung masalah, jd komentarnya agak2 kyk org yg lagi desperate dg islam….

  3. Assalamu’alaikum wr.wb
    Gimana ni dah pada , jadi pecandu Qur’an belum,,, harus ya ,,, wah kok ngak pada pernah kelihatan dimilhaq ,, sepi !!!!!apalagi semester atas ,, ngak tau kbare??? baik khan

    • wa’alaiykumslm wr wb, insya Alloh mau di usahakan, tolong doanya aja bair bs istiqomah, n afwan ni yang semester atas pada sibuk2 semua, insya Alloh kesibukan yang syar’i, n salam buat adek2 yang semester bawah mg bs istiqomah dalam jalan yang mendaki dan terjal ini……………🙂

  4. afwan ana juga numpang comment:apabila nonton film lebih baik nonton film jihad ja lebih bermanfaat. Film seperti KCB,AAC dll tu hanya untuk melemahkan iman dan semangat kita untuk berdakwah dan berjihad. Wallohu a’lam bi showwab

    • he…. afwan eh afwan atau kawan ya tapi sepertinya sama kok ok ….aku setuju hal itu tapi walaupun dah seperti itu aku kok masih doyan ajanih terus gimana solusinya

      • kalo antum masih sering nonton film seperti itu antum pertimbangkan dulu sebelum nonton apakah film itu bermanfaat ato ga dan banyak2 beristighfar

  5. aku ikut ah boleh nggak gabung masalah ilmu dan ilmu aplagi ilmu yang berbau agama wah sungguh aku kaetinggalan maka walaupun aku belum bisa berbagi tapi aku senang bisa bergabung dengan kamu kamu semua ok semoga tambah dan tambah dan bermanfaat amin

    • kalo menurut ana antum ga usah minder sama temen antum ya bilang ja ‘kalo ana ada salah antum juga ngingetin ana ya soale ana juga masih banyak salah jadi kita sama2 mengingatkan dalam hal kebaikan’

      • simple aja, tapi yang melakukan juga susah. niatkan hanya karena Allah, buat antum malu hanya karena Allah… pahami sirah rasulullah, ikuti cara rasulullah berdakwah…. jika antum masih melakukan perbuatan yang tidak baik InsyaAllah dengan berdakwah itu antum akan sedikit demi sedikit meninggalkan perbuatan yang tidak baik.

  6. assalamu’alaikum.numpang tulis ya sahabat2 ku ldkfkau? “klo boleh usul?untuk anggota ldkfkui?di cantumkan semuanya baik dari angkatan dulu sampai angkatan yang terkhir

    • bismillah, ana juga dah pernah meminta dari pengurus tapi belum dicantumkan mungkin dari pengurus masih pada sibuk sehingga belum sempat mencantumkan, ya antum sabar ja

      • Iy klo bisa / ga keberatan antum kirim ah dftar namane tar insya allah ta masukin. OK

      • afwan an blm sempat ngirim nama2 pengurus yg baru untuk angkatan 2010_2010, ni 1x nya an ke warnet malah ndk bw flashdis, y insya Alloh kalo da ksmpatan lg an kirim ke alamt email ja ya? nanti insya Alloh da nama pengurus yang baru n ada foto2 kegiatan2 kt yang sdh dkerjakan, macam diklat 2010 di Jomblang, Mubes 2010
        n doain ja biar semua pengurus yang baru bs istiqomah cz Alloh
        n tenang ja insya Alloh Ldk Fkui tahun yang baru ini bakal nunjukkan taringnya, he3x
        tinggal tunggu tanggal mainnya🙂

  7. bismillah,ana mau tanya kepada anatumna sekalian mungkin antumna bisa jawab pertanyaan ana ini sekalian kasih dalilnya yg shohih ya, dalam suatu desa pasti da masjid dan setiap desa pasti punya masjid 1, ana pernah dikasih tahu bahwa dalam suatu desa atau kampung dll tu seharusnya masjidnya ga usah banyak kecuali bila didesa tersebut sudah tidak terdengar lagi adzan, menurut antumna gimana mohon ditanggapi.jazakumulloh khoiron katsiron

    • siiik… mas..2x.
      Koreksi Arab language aj.. Kata “antumna”, setau saya gk ada.. cukup diwakili dg ANTUM.
      Bagus lah.. PeDe aja berbahasa Arab [bahasanya para penghuni surga,, “jadikan kami diantara mereka.. Aamiin, ya Robb…”]
      ~same2_belajar.com~

      hmm, share artikel nie ttg pertanyaannya….

      1. Semua lahan adalah mesjid, kecuali kuburan dan tempat pemandian. (HR. Ahmad)

      2. Rasulullah Saw menyuruh kita membangun masjid-masjid di daerah-daerah dan agar masjid-masjid itu dipelihara kebersihan dan keharumannya. (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi)

      3. Aku tidak menyuruh kamu membangun masjid untuk kemewahan (keindahan) sebagaimana yang dilakukan kaum Yahudi dan Nasrani. (HR. Ibnu Hibban dan Abu Dawud)

      4. Janganlah menjadikan kuburanku sebagai tempat pemujaan berhala. Allah melaknat suatu kaum yang menjadikan kuburan-kuburan para nabi sebagai masjid-masjid. (HR. Bukhari dan Abu Ya’la)

      5. Mimbarku (terletak) di tepi jalur menuju surga. Antara mimbarku dan kamarku adalah taman dari taman-taman surga. (HR. Ahmad)

      6. Tidak dibenarkan ziarah (kunjungan) ke masjid-masjid kecuali pada ketiga masjid, yaitu masjidil Haram (Mekah), masjidil Aqsha (Baitul Maqdis), dan masjidku ini (Madinah). (HR. Bukhari dan Muslim)

      7. Shalat di masjidku ini lebih afdol (utama) dari seribu shalat di masjid-masjid lainnya, kecuali masjidil Haram, dan shalat di masjidil Haram lebih afdol (utama) dari seratus shalat di masjidku ini. (HR. Ahmad)

      8. Apabila seorang mengantuk saat shalat Jum’at di masjid maka hendaklah pindah tempat duduknya ke tempat duduk lainnya. (HR. Al Hakim dan Al-Baihaqi)

      9. Bila seorang masuk ke masjid hendaklah shalat (sunnat) dua rakaat sebelum duduk. (HR. Ahmad)

      10. Apabila seorang isteri minta ijin suaminya untuk pergi ke masjid maka janganlah sang suami melarangnya. (HR. Bukhari)

      11. Sebaik-baik masjid (tempat bersujud) untuk wanita ialah dalam rumahnya sendiri. (HR. Al-Baihaqi dan Asysyihaab)

      12. Tidak ada shalat bagi tetangga masjid, selain dalam masjid. (HR. Adarqathani)

      13. Apabila kamu melihat orang yang terbiasa masuk masjid maka saksikanlah bahwa dia beriman karena sesungguhnya Allah telah berfirman dalam surat At taubah ayat 18: “Hanyalah yang memakmurkan masjid-masjid Allah lah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah. Maka mereka lah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk.” (HR. Ahmad dan Tirmidzi)

      14. Beritakanlah kabar gembira kepada orang-orang yang berjalan kaki di malam gelap-gulita menuju masjid bahwa bagi mereka cahaya yang terang-benderang di hari kiamat. (HR. Al Hakim dan Tirmidzi)

      15. Barangsiapa membangun untuk Allah sebuah masjid (mushola) walaupun sebesar kandang unggas (rumah gubuk) maka Allah akan membangun baginya rumah di surga. (HR. Asysyihaab dan Al Bazzar)

      16. Nabi Saw bertanya kepada malaikat Jibril As, “Wahai Jibril, tempat manakah yang paling disenangi Allah?” Jibril As menjawab, “Masjid-masjid dan yang paling disenangi ialah orang yang pertama masuk dan yang terakhir ke luar meninggalkannya.” Nabi Saw bertanya lagi,” Tempat manakah yang paling tidak disukai oleh Allah Ta’ala?” Jibril menjawab, “Pasar-pasar dan orang-orang yang paling dahulu memasukinya dan paling akhir meninggalkannya.” (HR. Muslim)

      Sumber: 1100 Hadits Terpilih (Sinar Ajaran Muhammad) – Dr. Muhammad Faiz Almath – Gema Insani Press

      Semoga bermanfaat.

      • afwan akhi an slh tulis sbnrny antunna tu bntuk jamaknya antum untuk bnyk orang

  8. Assalammu’alaykum. . .

    kaifahaluk smua???????????
    gabung lg za, afwan lama ga komen.

    Selamat buat pengurus2 baru semoga dpt mnjlnkan amanah nya dng sebaik2nya, gunakan waktu kalian sbaik mungkin cz waktu itu adl pedang buat kalian.
    Luruskan niat hanya untuk mencari ridho Allah

    keepppp Semangat !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    keepppp Istiqomah !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    keepppp Kompak !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    Allahuakbar!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  9. Assalamu’alikum . . . . .
    Khaifa khaluk semua teman-temanku LDK FKUI???
    Afwan jiddan kalo selama ini saya belum bisa mampir ke solo. . . . .
    Gimana Kabarnya FKUI sekarang???
    untuk pengurus baru, afwan ya… saya belum bisa nimbrung lagi . . . . . bukan bermaksud untuk lepas setelah pergantian pengurus, tapi situasi dan kondisi yang tidak memungkinkan bagi saya untuk ke solo. Sekali lagi Afwan jiddan
    Keep semangat !!!
    Keep Istiqamah !!!
    Keep Kompak !!!
    “Sesungguhnya Agama ini akan tegak di atas pundak-pundak orang yang memiliki azzam yang kuat, akan tetapi Agama ini tidak akan pernah tegak di atas orang-orang yang tidak memiliki azzam dan hanya suka berhura-hura” (Dr. Najih Ibrahim)

  10. Ada pengorbanan untuk umat …pasti Alloh balas dengan yang lebih besar , sahabat2 q yang di LDK !

  11. wahai saudara-saudaraku ldk fkui
    Untuk usaha-usaha dakwah kalian, sesungguhnya Allah tidak melihat dari hasil yang kalian capai, akan tetapi sejauh apa, seberat apa, setegar apa usaha yang telah kalian untuk saudara-saudara kita di kampuz ini.
    “Jadilah kalian penerang bagi kegelapan yang sinarnya tidak akan padam walau cobaan menghadang….”

    • subhanallah…..
      betul3x……
      tetaplah ikhlas/luruskan niat kalian wahai para jundullah dalam usaha kalian menegakkan kalimatullah ini, hanya krn Allah.
      krn hanya amal yang yang ikhlas krn Allah sj yang diterima, so keep our spirit……..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s